Published On: 30 June 2021Categories: Widyatama

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN POTENSI BUDAYA INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PORTOFOLIO DENGAN DISKUSI TIPE NHT

 

Erni Baiti

Guru SMPN 2 Comal

ABSTRAK

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kreativitas peserta didik dalam proses pembelajaran, dan proses pembelajaran kurang bervariasai, prestasi belajar peserta didik kurang memuaskan sehingga proses pembelajaran yang berlangsung belum efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan sikap kreatif dan prestasi belajar peserta didik pada materi Potensi Budaya Indonesia melalui model pembelajaran portofolio dengan diskusi tipe NHT. Data awal diperoleh dari dokumen daftar nilai, pengamatan, lembar angket dan hasil tes formatif setelah akhir pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah peningkatan sikap kreatif belajar peserta didik jumlah kriteria sangat baik dan baik pada siklus I berjumlah 26 peserta didik atau 68,42% pada siklus II meningkat menjadi 32 peserta didik atau 84,21%. Hasil tes kompetensi pengetahuan siklus II menunjukkan bahwa terjadi peningkatan jika dibandingkan dengan hasil tes siklus I yaitu dari 10 peserta didik atau 26,32% yang memperoleh nilai diatas KKM meningkat menjadi 31 peserta didik atau 81,58%. Dari penilaian kompetensi keterampilan diperoleh peningkatan reratanya dari 74,87 meningkat menjadi 80,66 dan presentase ketuntasan belajar dari 78,95% meningkat menjadi 89,47%.

 
Kata Kunci : Model Pembelajaran Portofolio, Diskusi tipe NHT, Potensi Budaya Indonesia.