PENINGKATAN PRIBADI YANG MANDIRI MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN EKSISTENSIAL HUMANISTIK PADA PESERTA DIDIK KELAS VII A SMP 1 JEKULO KUDUS
Edi Muryanto
Guru SMP 1 Jekulo Kudus, email : ediemuryanto@gmail.com
ABSTRAK
Penelitian tindakan bimbingan dan konseling bertujuan meningkatkan pribadi yang mandiri peserta didik kelas VII A SMP 1 Jekulo Kudus menggunakan pendekatan Eksistensial Humanistik. Subyek penelitian peserta didik kelas VII A SMP 1 Jekulo Kudus tahun pelajaran 2020/2021 yang diteliti berjumlah 34 peserta didik. Penelitian dilakukan empat bulan sejak Juli 2020. Dilaksanakan dalam dua siklus menerapkan pendekatan Eksistensial Humanistik. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan, yaitu menyusun rancangan, pelaksanaan tindakan, pelaksanaan pengamatan, dan refleksi. Tindakan Siklus I memberikan latihan membagi waktu belajar dan tanggung jawab mengerjakan tugas sekolah. Siklus II memberikan latihan disiplin mengumpulkan tugas tepat waktu dan disiplin diri. Hasil penelitian berdasarkan observasi menunjukkan meningkatnya pribadi yang mandiri pada siklus I dan siklus II. Peningkatan ketercapaian kriteria ketuntasan layanan pribadi yang mandiri dari kondisi awal menuju siklus I sebesar 6%, dan peningkatan dari siklus I menuju siklus II sebanyak 15%. Hasil penelitian berdasarkan angket peserta didik menunjukkan meningkatnya pribadi yang mandiri pada siklus I dan siklus II.. Peningkatan ketercapaian kriteria ketuntasan layanan pribadi yang mandiri dari kondisi awal menuju siklus I sebesar 9%, dan peningkatan dari siklus I menuju siklus II sebanyak 12%.
Kata Kunci : Pendekatan Eksistensial Humanistik; Pribadi yang Mandiri