Published On: 30 June 2021Categories: Widyatama

MENINGKATKAN PEMAHAMAN LUAS BANGUN DATAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA SISWA KELAS VIIIA SEMESTER GENAP

MTs NEGERI 2 KOTA SEMARANG

 

Wahyu Sulistyaningrum

Email : wahyusulistyaningrum72@gmail.com

 
 

ABSTRAK

 Tujuan penelitian adalah supaya siswa dapat meningkatkan pemahaman luas bangun datar dalam menyelesaikan keliling luas lingkaran di kelas VIIIA MTs Negeri 2 Kota Semarang dengan menggunakan metode pembelajaran inkuiri terbimbing. Penulis (Guru) memilih model pembelajaran ini karena menurut penulis, bahwa metode pembelajaran inkuiri terbimbing lebih efektif karena selain memiliki dasar-dasar yang utama yang memudahkan siswa dalam menyelesaikan permasalahan yang terkait dengan keliling dan luas lingkaran. Model pembelajaran inkuiri terbimbing ini juga melatih siswa untuk mampu berkonsentrasi dalam memahami luas bangun datar dalam menyelesaikan keliling dan luas lingkaran. Penelitian diadakan di kelas VIIIA MTs Negeri 2 Kota Semarang, dengan 3 siklus. Pada siklus I didapat hasil rata-rata 73,84 dari nilai rata-rata 68,31 dan nilai ketuntasan dari 46,88% menjadi 62,50%. Adapun pada Siklus II didapat nilai rata-rata 77,31 dari nilai rata-rata 73,84 dan nilai ketuntasan dari 62,50% menjadi 78,13%. Dan Siklus III didapat hasil rata-rata 81,06 dari nilai 77,31. Dan nilai ketuntasan dari 78,13% menjadi 100%. Berdasarkan hasil pengamatan terlihat bahwa proses belajar berlangsung sangat interaktif dan menyenangkan. Hal ini terlihat dari keaktifan siswa di kelas mengikuti pelajaran dan hasil belajar siswa yang meningkat.
 
Kata Kunci : Luas Bangun Datar, Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing