PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR BANGUN RUANG MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD BAGI SISWA KELAS IXG SMPN 2 LEBAKSIU TEGAL
Suroto
Guru Matematika SMPN 2 Lebaksiu Kabupaten Tegal
ABSTRAK
Tujuan penelitian untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar materi bangun ruang sisi lengkung melalui model pembelajaran kooperative tipe STAD bagi siswa kelas IXG SMPN 2 Lebaksiu Tegal Semester I Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian dilaksanakan selama 5 bulan, yaitu dari Juli s.d Nopember 2018, pada siswa kelas IXG sebanyak 32 siswa terdiri dari 18 laki-laki dan 14 perempuan. Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus. Teknik pengambilan data adalah teknik tes, pengamatan dan dokumentasi. Alat pengumpul data berupa butir-butir soal tes tertulis, lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan pembelajaran dengan model kooperative tipe STAD mampu meningkatka keaktifan dan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari keaktifan dan hasil belajar yang dicapai pada pelaksanaan tindakan. Pada siklus I keaktifan anak meningkat (50,82%) dan hasil belajar meningkat menjadi rata-rata 74,06. Pada siklus II mampu meningkatkan keaktifan (72,44%) dan hasil belajar siswa dengan mencapai nilai rata-rata 82,91. Dengan demikian pembelajaran melalui model kooperative tipe STAD dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar materi bangun ruang sisi lengkung bagi siswa kelas IXG SMPN 2 Lebaksiu Tegal semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019.
Kata kunci: keaktifan, hasil belajar dan model kooperative tipe STAD