PENINGKATAN HASIL BELAJAR MEMBACA DAN MENULIS HURUF AL-QUR’AN MELALUI EXPLICIT INSTRUCTION BAGI SISWA KELAS IVA SDN 1 TLOGOPUCANG KANDANGAN TEMANGGUNG
Wahno
Guru PAI SDN 1 Tlogopucang Kecamatan Kandangan Kabupaten Temanggung
ABSTRAK
Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar materi membaca dan menulis huruf al- qur’an melalui model explicit instruction bagi siswa kelas IVA SDN 1 Tlogopucang Kandangan Temanggung semester 2 tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian dilaksanakan di SDN 1 Tlogopucang Kecamatan Kandangan Kabupaten Temanggung semester 2 tahun pelajaran 2016/2017 mulai Januari s.d. Juni 2017. Subjek penelitian sejumlah siswa 25 yang terdiri dari 11 laki-laki dan 14 perempuan. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus, setiap siklus terdiri 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil belajar materi membaca dan menulis huruf al-qur’an dapat ditingkatkan melalui model explicit instruction bagi siswa kelas IVA SDN 1 Tlogopucang Kandangan Temanggung semester 2 tahun pelajaran 2016/2017. Keadaan tersebut dibuktikan dengan nilai ulangan harian siklus I diperoleh nilai belum tuntas sebanyak 3 siswa (13%) dan yang tuntas sebanyak 22 siswa (87%) dengan ilai rata-rata kelas 76,12 dan pada siklus siklus II diperoleh nilai belum tuntas sebanyak 0 siswa (0%) dan yang tuntas sebanyak 25 siswa (100%) dengan nilai rata-rata kelas: 80,16.
Kata kunci: hasil belajar dan model Explicit Instruction