Published On: 22 July 2021Categories: Widyatama

PENINGKATAN KOMPETENSI MENYUSUN RPP DAN MENERAPKAN PEMBELAJARAN BERBASIS PAIKEM MELALUI METODE FORMULASI BIMBINGAN INTENSIF BAGI GURU SMPN 2 JATIPURNO WONOGIRI

 

Sudaryatni

Kepala SMPN 2 Jatipurno Kabupaten Wonogiri

 
 

ABSTRAK

Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan dan meningkatkan kompetensi menyusun RPP dan menerapkan pembelajaran berbasis PAIKEM melalui metode formulasi bimbingan intensif. Penelitian dilaksanakan semester 2 tahun pelajaran 2019/2020, tepatnya mulai Januari sampai dengan Maret 2020 dengan sasaran guru-guru berjumlah 24 orang dengan rincian laki-laki 14 orang dan perempuan 10 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yang masing-masing siklus meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode formulasi bimbingan intensif terbukti mampu meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP berbasis PAIKEM. Hal ini dibuktikan pada pra siklus rata-rata perolehan nilainya sebesar 2.31 (baik); siklus I sebesar 3.13 (amat baik); dan siklus II sebesar 3.51 (amat baik). Ketuntasan juga meningkat, yaitu pra siklus 83% (baik); siklus I 58,33% (amat baik); dan 91,67 (amat baik). Metode formulasi bimbingan intensif terbukti mampu meningkatkan kompetensi guru dalam menerapkan pembelajaran berbasis PAIKEM. Hal ini dibuktikan pada pra siklus rata-rata perolehan nilainya sebesar 2.50 (baik); siklus I sebesar 3.31 (amat baik); dan siklus II sebesar 3.45 (amat baik). Ketuntasan juga meningkat, yaitu pra siklus 100% (baik); siklus I 83.33% (amat baik); dan siklus II 100% (amat baik).

 

Kata kunci:  kompetensi menyusun RPP, pembelajaran berbasis PAIKEM, metode formulasi bimbingan intensif