UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN KEMAMPUAN MEMBUAT RPP MELALUI PENDAMPINGAN BERBASIS LESSON STUDY BAGI GURU SD NEGERI 1 PAGEDONGAN KECAMATAN PAGEDONGAN KABUPATEN BANJARNEGARA
Kamilah Siswati
Kepala Sekolah SD Negeri 1 Pagedongan
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi masih rendahnya Motivasi guru dalam menyusun perencanaan dan Kemampuan Membuat RPP di SD Negeri 1 Pagedongan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan Motivasi dan Kemampuan Membuat RPP melalui Pendampingan Berbasis Lesson Study di SD Negeri 1 Pagedongan Kecamatan Pagedongan. Penelitian ini dilakukan pada semester 2 tahun pelajaran 2020/2021, dengan mengambil subyek penelitian guru kelas di SD Negeri 1 Pagedongan yang berjumlah 6 orang. Metode yang digunakan melakukan dua tindakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan & observasi dan refleksi. Hasil Optimalisasi Pendampingan berbasis Lesson Study dapat meningkatkan Motivasi guru dalam menyusun RPP dari rata-rata nilai 50,51 pada pra siklus meningkat menjadi 82,82 pada siklus II. Optimalisasi Pendampingan berbasis lesson study dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP dari rata-rata nilai 52,67 pada pra siklus meningkat menjadi 86,33 pada siklus II. Berdasarkan hasil analisi data dan pembahasan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pendampingan berbasis Lesson Study dapat meningkatkan Motivasi guru dan Kemampuan Membuat RPP di SD Negeri 1 Pagedongan.
Kata Kunci :Motivasi, Membuat RPP, Pendampingan Berbasis Lesson Study